Tips Membuat Hand Sanitizer Sendiri di Rumah

Tips Membuat Hand Sanitizer Sendiri di Rumah


Semenjak penyebaran virus corona atau COVID-19 di Indonesia semakin meningkat, masyarakat banyak memborong beragam kebutuhan perlindungan diri seperti masker, disinfektan hingga hand sanitizer. Hal ini menyebabkan ketersediaan kebutuhan tersebut semakin langka dan mahal di pasaran, khususnya hand sanitizer. Produk yang satu ini berfungsi sebagai pengganti sabun untuk membersihkan tangan dari bakteri dan virus.

Daripada harus membeli hand sanitizer dengan harga yang tidak masuk akal, kamu bisa membuatnya sendiri, loh! Yuk, simak tips mudah membuat hand sanitizer berikut ini.

Tips Membuat Hand Sanitizer Sendiri di Rumah

Cara Membuat Hand Sanitizer Model Gel

Kamu tentu sudah tidak asing dengan hand sanitizer model gel. Bahan-bahan dan alat yang dibutuhkan untuk membuat hand sanitizer ini adalah:
  • 2/3 cup alkohol 70%-99%
  • 1/3 cup gel aloe vera murni
  • 8-10 tetes minyak esensial
  • Mangkuk
  • Sendok
  • Botol Plastik
  • Corong
Campurkan semua bahan diatas kemudian aduk hingga merata. Penggunaan minyak esensial di sini berfungsi untuk menambah aroma pada hand sanitizer. Kamu bisa memilih aroma yang disukai, tapi sebaiknya gunakan minyak esensial peppermint, kayu manis dan lavender. Ketiga aroma ini memiliki kandungan desinfektan untuk membunuh virus atau kuman.
Tips Membuat Hand Sanitizer Sendiri di Rumah

Cara Membuat Hand Sanitizer Model Spray atau Semprot

Sebelum membuat hand sanitizer model spray, pilih bahan-bahan dari 2 opsi berikut. Kamu bisa dapatkan bahan-bahan ini di toko farmasi atau toko bahan kimia.

1. Formula pertama untuk hand sanitizer model semprot ini adalah:
  • 833,3ml ethanol dengan konsentrasi 96%
  • 41,7ml hidrogen peroksida dengan kadar 3%
  • 14,5ml gliserol dengan konsentrasi 98%
  • 110,5ml air matang.

2. Jika tidak menemukan ethanol, coba gunakan formula yang kedua dengan bahan sebagai berikut:
  • 751,5ml isopropil alkohol dengan kadar 99,8%
  • 41,7ml hidrogen peroksida dengan kadar 3%
  • 14,5ml gliserol dengan konsentrasi 98%
  • 192,3ml air matang
Tips Membuat Hand Sanitizer Sendiri di Rumah


Selanjutnya, tuangkan air matang yang sudah dingin ke dalam botol tersebut. Tutup botolnya, lalu goyangkan botol hingga cairan di dalamnya tercampur dengan merata. Jika sudah, pindahkan larutan hand sanitizer ke dalam botol spray yang sudah dibersihkan. Kamu bisa dapatkan botol spray ini di Makmur Jaya. Setelah itu, tambahkan label tanggal pembuatan dan nama larutan agar tidak salah pakai.

Setelah bahan-bahan hand sanitizer model spray sudah lengkap, hal pertama yang kamu lakukan adakah tuangkan alkohol ke dalam botol bersih. Jangan menggunakan mangkuk atau wadah besar karena alkohol akan mudah menguap. Kemudian, campurkan hidrogen peroksida dan gliserol ke dalam botol yang berisi alkohol tersebut. Jika kamu menggunakan gliserol yang kental, jangan lupa untuk menambahkan air ke dalam gelas ukur yang berisi gliserol agar takarannya tidak berkurang.

Tips Membuat Hand Sanitizer Sendiri di Rumah


Catatan penting ketika kamu ingin mencampurkan semua bahan pembuat hand sanitizer, pastikan kandungan alkohol tidak di bawah 60% dari keseluruhan komposisi hand sanitizer. Jika di bawah 60%, maka hand sanitizer tidak akan efektif membunuh virus dan kuman.

Jangan lupa untuk selalu membawa hand sanitizer buatanmu selama bepergian dan bersihkan tangan setelah memegang fasilitas umum. Selalu jaga kesehatan, ya!

Selamat mencoba!



Sumber: dekoruma.com

Temukan Grosir Aneka Botol Import dengan Harga Terjangkau di Makmur Jaya!

Artikel Pilihan Lainnya

Manfaat Melakukan Mani Pedi untuk Diri

Informasi Umum / Manfaat Melakukan Mani Pedi untuk Diri

Disclaimer

Disclaimer

Mengapa Menjadi Reseller Makmur Jaya

Keuntungan / Reseller Makmur Jaya

Tips Mudah Memilih Aksesoris Rambut

Tips Mudah Memilih Aksesoris / Tips & Trik

Tips Merawat Kuas Makeup Agar Awet

Tips Merawat Kuas Makeup Agar Awet / Tips & Trik